sejarah awal iron maiden dan album pertamanya Iron Maiden 1980

sejarah awal iron maiden dan album pertamanya Iron Maiden 1980 ledy erlangga. kembali hadir setelah sebelumnya post tentang album kedua AC DC - T.N.T (1975)
sebuah band hard rock era 70 an yang mengandalkan unsur rock n roll dan blues yang kuat di lagu lagu nya meskipun lagu lagu nya simple tapi power full .
dan kali ini saya share lagi band yang beraliran metal ya dari inggris yang hadir di era 80 an yaitu sejarah awal iron maiden dan album pertamanya Iron Maiden 1980
pecinta musik metal pasti lah kenal dengan sosok band iron maiden ,
sebuah band yang bisa di katakan paling sukses sepanjang era 80-90an yang juga di hormati dari band band papan atas seperti Metallica ,slayer maupun judast priest..
gak heran kalau iron maiden sangat layak buat koleksi album nya pagi pecinta musik metal di indo maupun yang lainnya..
untuk itu saya share sejarah awal dari band iron maiden dan album debut nya.

sejarah awal Iron Maiden

iron maiden
iron maiden dengan vokalis paul di'anno

Iron Maiden adalah band heavy metal asal dari Inggris, tepatnya dari Leyton di London Timur, yang terbentuk pada Natal tahun 1975.
band ini di dirikan oleh Steve Harris sang pemain bass juga penulis lagu lagu iron maiden.
iron maiden juga sempat gonta ganti personil seperti di foto atas saat sang vokalis nya paul di"anno di album awal dan di ganti dengan vokalis keren yang membuat nama iron maiden berkibar jaya di blantika metal kelas atas,siapa lagi kalau bukan bruce dickinson.
iron maiden
iron maiden dengan vokalis bruce dickinson

Iron Maiden telah menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia, termasuk 75 juta album melalui label EMI Records.
Iron Maiden memenangkan Ivon Novello Awards sebagai pencapaian internasional di tahun 2002, dan juga didaftarkan pada “Hollywood Rock Walk”–sebuah “Hall of Fame” yang dibuat sebagai penghormatan kepada lebih dari 170 musisi dan artis, termasuk Black Sabbath, Aerosmith, Judas Priest atas pengaruh mereka pada sejarah industri musik– di Sunset Boulevard, Los Angeles.
konser iron maiden juga sangat di tunggu penggemarnya karena tiap konser iron maiden biasanya membawa maskot seorang monster bernama "edie"dan terkadang konsernya di selingi pertunjukan sulap ala iron maiden..
iron maiden
salah satu konser iron maiden

kembali ke sejarah awal iron maiden ya..
Nama Iron Maiden didapat Harris dari sebuah film The Man in the Iron Mask adaptasi novel “The Vicomte de Bragelonne “, karya Alexander Dumas,dan Iron Maiden juga adalah seperangkat alat penyiksaan dari abad 18.
steve harris menggandeng dave murray sebagai gitaris yang tercatat sebagai gitaris iron maiden terlama,
sebenarnya murray pun menggantikan gitaris sebelumnya Dave Sullivan dan Terry Rance yang frustasi dan akhirnya harris pun membubarkan band untuk sementara waktu,setelah murray gabung harris pun merekrut Doug Sampson sebagai drummer mereka,tinggal mencari vokalis yang tepat buat band.,
paul day adalah vokalis awal band tetapi karena di anggap kurang energi dia pun di pecat hingga menemukan paul di'anno sebagai vokalis band yang di temukan di audisi vokal yang di adakan iron maiden di pub Red Lion di Leytonstone .,

band ini akhirnya main di panggung ke panggung selama 3 tahun ,hingga pada tahun 1978,merekam sebuah demo, The Soundhouse Tapes. Yang berisi empat lagu saja, namun terjual lima ratus kopi dalam beberapa pekan.,
Satu track yang ada di dalam demo itu, “Prowler”, menempati nomor pertama pada tangga lagu Heavy Metal Soundhouse dalam majalah Sounds milik Neal Kay.
Penampilan pertama dalam album ada di dalam kompilasi Metal for Muthas (rilis 15 Februari 1980) dengan dua versi awal lagu “Sanctuary” dan “Wrathchild”.

pada tahun 1979 Paul Cairns bergabung mengisi sebagai gitaris pendamping murray. sayangnya paul cairns hengkang menjelang iron maiden masuk dapur rekaman.
untuk mengisi kekosongan posisi gitar2 banyak sekali gitaris yang kluar masuk,dan sebenarnya murray ingin mengajak teman kecilnya andrian smith namun sayang nya smith masih sibuk dengan band nya..
akhirnya dipilihlah Dennis Stratton sebagai gitar 2 dan Drumer Doug Sampson juga digantikan oleh Clive Burr (yang dibawa masuk oleh Dennis Stratton),hingga iron maiden masuk ke dapur rekaman besar emi record untuk merilis album perdana mereka berjudul IRON MAIDEN tahun 1980..

itulah sejarah iron maiden dan sekarang membahas album pertama mereka iron maiden yang di rilis tahun 1980.

iron maiden
cover album iron maiden

  • Dirilis :14 April 1980
  • di rekam :Januari 1980
  • Studio :Kingsway Studios, London, Inggris
  • genre : heavy metal
  • durasi : 37 : 35
  • Label :EMI •Harvest /Capitol(Amerika Utara)
  • Produser :Wil Malone

ulasan album Iron Maiden 1980

iron maiden adalah album studio pertama band heavy metal asal inggris iron maiden yang di rilis pada 14 april 1980 berlabel EMI di inggris yang kemudian di edarkan di amerika utara menggunakan lebel Harvest /Capitol beberapa bulan kemudian.
album iron maiden ini berformasi sbb :
  • Paul Di'Anno - vokal utama
  • Steve Harris - bass , backing vocal
  • Dennis Stratton - gitar , backing vokal
  • Dave Murray - gitar
  • Clive Burr - drum
album debut iron maiden ini meskipun di kritik sama band karena kualitas rekamannya yang kurang bagus namun album ini sukses besar dan mendapat banyak pujian dari berbagai kritikus musik seperti Geoff Barton , yang menganggap, "Heavy metal untuk era 80-an, kecepatannya yang menyilaukan dan keganasan yang merajalela membuat kebanyakan trek rock heavy rock dari tahun 60-an dan "70-an terdengar lemah".,
Selain itu, Sputnikmusic menggambarkannya sebagai "salah satu album debut teratas di dunia heavy metal", yang berisi "kekuatan kasar, yang agresif ".
Pada tahun 2017, album debut iron maiden menempati peringkat ke-13 di daftar Rolling Stone dari "100 Album Metal Terbesar Sepanjang Masa".

album ini menampilkan banyak hits lagu di dalam nya.,dan Dari semua lagu di album iron maiden ini, "Phantom of the Opera", "Running Free", "Sanctuary" dan "Iron Maiden" adalah yang paling sering di bawakan saat tur konser band,lagu lagu tersebut juga menandakan adanya monster edie yang tampil setiap konser nya iron maiden..

itulah ulasan debut album iron maiden 1980 yang di ambil bersumber di wikipedia.,silahkan di koleksi jika berminat..

daftar lagu album Iron Maiden 1980


download full album Iron Maiden 1980



Sekian posting dari saya
sejarah awal iron maiden dan album pertamanya Iron Maiden 1980
Kurang lebihnya mohon maaf
Dan semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar